PERAN POSITIONING DALAM MEMASARKAN PRODUK
Dian Luthfianingtyas
Based On Lecturer by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan
Peran Positioning Dalam Memasarkan Produk
Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya. Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.
Dalam memasarkan produk pada segmen pasar yang sudah ditentukan, penting untuk diperhatikan bagaimana image atau persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Karena itulah Positioning diperlukan dalam strategi pemasaran. Positioning adalah usaha untuk menemukan suatu celah di benak konsumen agar konsumen mempunyai image yang khusus terhadap produk atau merk produk atau bahkan terhadap perusahaan.
Positioning merupakan persepsi yang ditempati suatu produk dalam suatu pasar , bagaimana konsumen memandang produk tersebut dan bagaimana mereka membandingkannya dengan produk pesaing.
Dalam masa yang sudah cukup over komunikasi, konsumen dibanjiri oleh beragam informasi dan iklan yang sangat banyak. Sehingga diperlukan informasi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tujuan Positioning adalah untuk menciptakan suatu posisi tersendiri pada pasar yang mempertimbangkan tidak hanya kekuatan dan kelemahan perusahaan sendiri, tetapi juga kekuatan dan kelemahan pesaingnya dalam pikiran prospeknya.
Strategi Positioning yang sukses biasanya berakar dari keunggulan kompetitif apa yang dimiliki oleh suatu produk. Pada umumnya, dasar-dasar yang digunakan untuk menyusun strategi Positioning adalah
• Fitur-fitur spesifik yang dimiliki produk
• Solusi dan benefit spesifik yang bisa ditawarkan suatu produk
• Kategori khusus suatu produk
• Kapan atau bilamana produk tersebut cocok untuk digunakan.
• Bagaimana produk tersebut bila dibandingkan dengan produk pesaing lain
Dalam pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merk atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Karena penikmat produk adalah pasar, maka yang perlu dibangun adalah persepsi pasar. Reposisi produk sangat ditentukan dari sudut pandang mana konsumen melihat citra produk kita, apabila kita menerapkan family branding dalam mengembangkan produk, maka keseluruhan citra perusahaan akan sangat mempengaruhi citra produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar