Selasa, 12 November 2013

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Target Pasar



Dalam memilih pasar yang dituju (target pasar), perusahaan dapat menempuh tiga alternatif strategi, yaitu: (1) Strategi yang Tidak Membeda-bedakan Pasar(Undifferentiated Marketing), (2) Strategi yang Membeda-bedakan Pasar (Differentiated Marketing),(3) Strategi yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing).
(1)Undifferenciated Marketing
*Meninjau pasar secara keseluruhan.
*Memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen.
*Menghasilkan dan memasarkan satu macam produk.
*Menarik semua konsumen dan memenuhi kebutuhan semua konsumen
*Pasar yang dituju dan teknik pemasarannya bersifat massal.
*Ditujukan kepada segmen terbesar yang ada dalam pasar. 

(2).  Differentiated Marketing
*Melayani 2 atau lebih kelompok konsumen tertentu dengan jenis produk tertentu pula.
*Menghasilkan dan memasarkan produk yang berbeda-beda melalui program pemasaran yang berbeda-beda untuk tiap kelompok konsumen tertentu tersebut.
*Mengarahkan usahanya pada keinginan konsumen.
*Memperoleh loyalitas, kepercayaan, serta pembelian ulang dari kelompok konsumen tertentu tersebut.

(3)Concentrated Marketing
·Memilih segmen pasar tertentu.
·Memusatkan segala kegiatan pemasarannya pada satu atau lebih segmen pasar yang akan memberikan keuntungan terbesar.
·Mengembangkan produk yang lebih ideal dan spesifik bagi kelompok konsumen tersebut.
·Memperoleh kedudukan/posisi yang kuat di dalam segmen pasar tertentu yang dipilih.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi strategi target pasar, antara lain :
1.Sumber-sumber perusahaan. Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalahconcentrated marketing.
2.Homogenitas produk. Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah undifferentiated.
3.Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk. Strategi yang tepat bagi produk baru adalah undifferentiated marketing. Untuk produk-produk yang banyak variasinya dapat digunakan juga concentrated marketing. Pada tahap kedewasaan produk digunakan strategi differenciated marketing.
4.Homogenitas pasar. Undifferentiated marketing cocok digunakan karena pembeli punya cita rasa yang sama, jumlah pembelian yang sama dan memiliki reaksi yang sama terhadap usaha pemasaran perusahaan.
5.Strategi pemasaran pesaing. Bila menghadapi pesaing yang menempuh strategi sama dengan strategi perusahaan, maka perusahaan harus lebih aktif mengadakan segmentasi untuk mendapat keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar